Manado Ocean Declaration

Event World Ocean Conference (WOC) 2009 berjalan dengan lancar dan sukses. Kesepakatan yang ditunggu-tunggu telah menemukan titik temu dan dirangkum dalam sebuah Manado Ocean Declaration (MOD) yang disetujui oleh 76 negara dan 11 intergovermental (IGO) di Grand Kawanua International Convention Center (GKCC). Isi dari Deklarasi Manado lebih lengkap daripada Protokol Montreal (1987), Deklarasi Rioo Jenairo (1992), Protokol Kyoto (1997-1999), Deklarasi Johannesburg (2002), dan Bali Roadmap (2007). Tentunya hal ini sangat membanggakan masyarakat Manado pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Kesusksesan acara ini terselenggara dengan adanya kerja sama yang baik dari berbagai pihak dengan masyarakat. Animo masyarakat kota Manado sangat besar terhadap event ini. Hal ini bisa dilihat dari jalan yang tiap harinya macet menuju lokasi pameran-pameran yang berada di tiga titik besar yaitu Manado Convention Center, Nyiur Melambai Convention Center dan Kaiwatu Fair Ground. Berbagai produk-produk andalan dari tiap daerah ditampilkan di stand-stand daerah yang menyedot banyak pengunjung.
Hari ini direncakan akan dilaksanakan penutupan untuk event ini dan aka ditutup oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono.
Semoga selesai event ini akan membawa dampak positif bagi negara dan masyarakat di berbagai bidang baik industri, perdagangan dan pariwisata.

Isi dari Manado Ocean Declaration bisa dilihat disini


We All Gather in Manado
We want to save our planet
We are all United have in Manado
For a better life, for a better world
For you and me

(Composed by : H.E. Susilo Bambang Yudhoyono)

Share:

1 comments