Favorit menu buka puasa

Tiap puasa pasti kita mempunyai makanan favorit saat berbuka atupun saat makan. Ini adalah salah satu makanan favorit sayah saat berbuka dan makanan wajib sayah makan sewaktu bulan ramadhan.

Pic 1 : Roti Kukus

Roti kukus ini adalah cemilan wajib saat berbuka puasa dan tak akan bosan sayah makan tiap hari. Roti kukus ini hanya ada saat bulan ramadhan aja dan tidak semua lokasi di manado menjual roti kukus ini. Asal muasal neh roti datang dari tetangga depan rumah sayah yang mayoritas orang Arab. Nah dari mereka sayah mengenal roti kukus ini.

Roti nya terbuat dari campuran tepung dan air sedangkan isinya biasa disebut pampis yang terdiri dari ikan cakalang yang disuwir, laksa hongkong dan rempah-rempah. Sedangkan "pendampingnya" yaitu kuah santan yang ditaburi bawang goreng.

Harga untuk 1 roti Rp 1000,-

Pic 2, 3 ,4 : Bubur Manado, tahu goreng, dabu-dabu ikan roa

Nah ini adalah a famous food from manado, dah terkenal di seluruh pelosok Nusantara. Bubur Manado ini sangat menyehatkan karena terdiri dari sayur-sayurang seperti kangkung, bayam, sayur gedi (hanya ada di Manado dan untuk bahasa Indonesia sayah mengalami kesulitan karena ga tau namanya),, ada juga pake rebung (tapi jarang), labu yang dipotong kecil, ubi yang dicampur ma bubur sehingga warna bubur jadi kuning.

Untuk pendamping makanan ada tahu goreng, perkedel ikan nike (sayang waktu makan, sayah kehabisan), dabu-dabu (baca : sambal) roa dan bakasang, ikan cakalang goreng. Untuk variasi bubur Manado ada bubur manado to' dan bubur manado campur (dicampur mie).

FYI : ikan cakalang dan ikan roa hanya ada di perairan Manado dan menjadi ikan favorit yang sering kali diminta sebagai ole-ole atau barang favorit yang dititipin kepada sodara atau temen yang pulang kampung.

Untuk harga seporsi bubur Manado Rp. 4.000,- ; tahu Rp. 500,-; perkedel ikan nike Rp. 500-1.000,-

Dijamin very deliciouss...mak nyuss hihhhihih

Makanan itu adalah makanan favorit sayah dan selalu akan ku rindukan jika kelak sayah menikah dan pindah dari Manado.


Selamat Berpuasa temans..

Share:

25 comments